Kerusakan IC baterai Acer

Beberapa baterai dilengkapi dengan saklar solid-state yang biasanya dalam posisi “off” dan tidak ada tegangan yang hadir di terminal baterai. Menghubungkan terminal sakelar ke tanah atau menariknya ke atas sering kali menyalakan baterai. Jika ini tidak berhasil, paket mungkin memerlukan kode untuk aktivasi. Produsen baterai menjaga kode berpemilik ini sebagai rahasia yang dijaga dengan baik, yang bahkan tidak memiliki akses ke personel layanan.

Gunakan voltmeter untuk menemukan terminal baterai positif dan negatif dan menetapkan polaritas. Jika tidak ada tegangan, saklar solid-state mungkin berada di posisi “off” dan perlu diaktifkan. Hubungkan voltmeter ke terminal luar, ambil resistor 100-Ohm (nilai lain juga bisa berfungsi), ikat satu ujung ke tanah dan dengan ujung yang lain sentuh setiap terminal sambil mengamati voltmeter. Ulangi dengan mengikat resistor ke potensial tegangan positif. Jika tidak ada respons, mungkin baterai mati atau dikunci oleh kode. Resistor 100-Ohm cukup rendah untuk melibatkan rangkaian digital dan cukup tinggi untuk melindungi baterai dari kemungkinan listrik yang pendek.

Menetapkan koneksi ke terminal baterai sekarang harus mengaktifkan pengisian. Jika arus pengisian berhenti setelah 30 detik, kode aktivasi mungkin diperlukan. Beberapa produsen baterai menambahkan sakelar akhir baterai yang mematikan baterai saat mencapai usia atau siklus tertentu. Mereka berpendapat bahwa kepuasan dan keamanan pelanggan hanya dapat dijamin dengan mengganti baterai secara teratur. Pikiran Anda, kebijakan semacam itu juga memutar inventaris.

Jika memungkinkan, hubungkan thermistor selama pengisian dan pengosongan untuk melindungi baterai dari kemungkinan panas berlebih. Gunakan ohmmeter untuk mencari thermistor internal. Termistor yang paling umum adalah 10 Kilo Ohm NTC, yang berbunyi 10kΩ pada 20C (68F). NTC adalah singkatan dari koefisien temperatur negatif, yang berarti bahwa resistansi menurun dengan meningkatnya suhu. Sebagai perbandingan, koefisien temperatur positif (PTC) menyebabkan resistensi meningkat. Pemanasan baterai dengan tangan Anda cukup untuk mendeteksi perubahan kecil dalam nilai resistor ketika mencari terminal yang benar pada baterai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *