Kerusakan wifi pada Asus X453M

Apakah pernah terjadi bahwa Anda menyambungkan drive USB ke komputer Anda suatu hari dan berfungsi baik, tetapi hari berikutnya itu tidak terdaftar sebagai perangkat di PC Anda? Namun, ketika Anda meletakkan flash drive yang sama di port PC yang berbeda atau di PC lain, ia berfungsi normal. Masalahnya dalam kasus seperti itu mungkin port dan bukan flash drive!

Ada banyak cara untuk melakukan pemecahan masalah pada port sendiri dan memperbaikinya. Anda dapat memperbarui OS Windows Anda ke versi terbaru dan memeriksa apakah itu memperbaiki port. Jika tidak, Anda dapat memperbarui driver USB Anda sehingga dapat dengan mudah mengenali semua perangkat.

Jika ada kerusakan fisik pada port USB, Anda mungkin harus membuka laptop Anda dan melakukan perbaikan fisik. Lakukan ini hanya ketika laptop Anda sudah sangat tua. Jika Anda memiliki laptop baru yang masih dalam garansi, pabrikan laptop Anda akan memperbaiki masalah untuk Anda tanpa biaya tambahan.

Cara memperbaiki port USB yang rusak
Restart PC Anda – Memulai kembali laptop Anda memaksa OS Windows Anda untuk memindai semua perangkat keras dan membuatnya bekerja kembali, termasuk port USB.
Periksa pengelola perangkat di PC Anda – Inilah cara terpendek untuk membuka pengelola perangkat Anda – Buka menu Mulai, ketik devmgmt.msc dan tekan tombol enter. Manajer perangkat terbuka segera.
Di dalam jendela manajer perangkat, periksa pengontrol Universal Serial Bus untuk kata kunci “Pengontrol Host USB.” Anda akan menemukan dua pengontrol yang memiliki kata kunci tersebut. Jika Anda tidak dapat menemukannya, itu berarti Anda menemukan masalahnya.
Jika Anda tidak dapat menemukan Pengontrol Host USB, buka Bilah Alat di bagian atas dan klik ikon yang muncul dengan deskripsi ‘pindai perubahan perangkat keras’. Tampilan dan posisi ikon dapat bervariasi sesuai dengan versi Windows Anda, jadi lihat semua ikon dengan saksama.
Setelah Anda mengklik tombol, PC Anda akan memeriksa semua perangkat keras Anda lagi. Ini mungkin mendaftarkan port USB dan menunjukkan Anda Pengontrol Host USB. Jika tidak, Anda harus memasang pengontrol secara manual, yang sedikit lebih sulit untuk dilakukan.
Copot Pengontrol USB Host dari PC. Menghapus instalan USB Host Controllers akan menonaktifkan semua port USB Anda, termasuk keyboard / mouse eksternal apa pun yang mungkin Anda gunakan. Tekan klik kanan pada salah satu pengontrol USB dan pilih uninstall. Lakukan ini untuk semua Pengontrol Host USB yang dapat Anda lihat. Setelah selesai, restart PC Anda.
Membersihkan pengelola perangkat PC Anda. Di dalam pengelola perangkat, jika Anda melihat banyak perangkat terpasang tetapi tidak lagi digunakan, itu berarti driver perangkat Anda menumpuknya. Kadang-kadang driver perangkat tetap kembali di PC Anda setelah Anda menghapus perangkat.
Perbarui driver- Jika Anda menggunakan adaptor USB WiFi untuk menghubungkan beberapa PC Anda atau sistem lain yang mengaktifkan WiFi, maka kadang-kadang diperlukan untuk memperbarui driver secara teratur. Jika driver sudah kedaluwarsa, maka itu juga dapat menyebabkan masalah pada kerja port USB. Periksa apakah Anda telah menginstal atau memperbarui driver terbaru untuk perangkat USB atau tidak. Anda dapat melakukan ini dari situs web resmi atau dengan menggunakan perangkat lunak pihak ketiga.
Perbaiki perangkat keras-Jika tidak ada yang bekerja di atas, Anda harus tahu cara mengganti port USB pada PC Anda. Untuk memperbaiki port USB secara fisik, buka laptop Anda dan periksa chip board yang memiliki port USB yang terhubung. Selanjutnya, periksa apakah port itu sendiri rusak atau jika sambungan solder yang menghubungkan papan ke port buruk dilakukan. Jika port USB Anda rusak, Anda dapat memesannya secara online dan menyoldernya ke papan.
Jika port aman dan tidak terputus, Anda harus memperbaiki port USB. Untuk melakukan itu, putuskan baterai dari laptop Anda sehingga jika ada yang salah, Anda tidak akan meledakkan laptop Anda! Setelah Anda menyelesaikan itu, lepaskan papan sirkuit dan mencoba untuk menghilangkan setiap jejak solder lama yang tersisa di papan. Akhirnya, pegang port di tempat masing-masing dan mulai menyolder. (jika Anda belum pernah menyolder sebelumnya, panaskan saja terminal port USB dengan besi solder dan gunakan logam solder untuk bergabung dengan port USB dan papan sirkuit).
Setelah solder telah dingin dan dipadatkan, letakkan papan sirkuit kembali pada tempatnya dan pasang kembali laptop Anda. Periksa apakah port USB berfungsi dengan solder yang baru.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *