Tips aman internetan dengan wifi publik

Bank Anda memanggil Anda untuk memverifikasi tagihan $ 750 terbaru Anda di Taco Bell yang sudah tidak berlaku lagi, tetapi Anda belum meninggalkan kota dalam beberapa minggu. Anda dengan cepat mengikuti tagihan dan meminta kartu kredit baru, tetapi ketika Anda memeriksa dompet Anda, kartu yang disusupi masih ada. Anda mencoba memikirkan ATM teduh atau kasir baru-baru ini, tetapi tidak ada yang terpikirkan. Tidak ada apa pun, kecuali pembelian online yang Anda lakukan saat menjelajahi Internet di kedai kopi lokal Anda.

Jumlah hotspot Wi-Fi publik gratis berkembang, tetapi tidak setiap hotspot dapat memberikan perlindungan jaringan rumah pribadi. Setelan, firewall, atau pengaturan default notebook, tablet, atau ponsel cerdas Anda mungkin tidak cukup untuk membuat Anda aman dari mata-mata saat bepergian. Jika Anda ingin menjaga informasi dan file Anda tetap aman, baca kiat penting ini untuk melindungi diri Anda saat Anda jauh dari rumah.
1. Matikan Berbagi
Anda dapat berbagi perpustakaan musik, printer atau file, atau bahkan mengizinkan login jarak jauh dari komputer lain di jaringan Wi-Fi Anda di privasi rumah Anda sendiri. Kecuali Anda menonaktifkan pengaturan ini sebelum tersambung ke jaringan Wi-Fi publik, siapa pun di sekitarnya mungkin dapat meretas ke PC Anda.

Jika Anda menggunakan PC Windows, Anda dapat memulai dengan membuka pengaturan berbagi lanjutan dari bagian Homegroup dari pengaturan Jaringan dan Internet di Panel Kontrol. Dari sini, Anda akan dapat beralih berbagi file dan printer serta penemuan jaringan, yang akan membuat komputer Anda terlihat oleh siapa pun yang terhubung ke jaringan yang sama. Untuk Mac, cukup buka System Preferences, lalu Sharing, dan pastikan tidak ada opsi yang dicentang.

2. Dapatkan VPN
Cara paling aman untuk menjelajah di jaringan publik adalah menggunakan jaringan pribadi maya. Sebuah VPN mengarahkan lalu lintas Anda melalui jaringan aman bahkan di Wi-Fi publik, memberi Anda semua manfaat dari jaringan pribadi Anda sementara masih memiliki kebebasan Wi-Fi publik.

Saat layanan VPN gratis tersedia, layanan VPN berbayar menjamin integritas koneksi. Jika Anda secara teratur terhubung ke jaringan yang tidak dikenal, pengaturan VPN adalah pintar untuk melindungi informasi pribadi Anda.

Satu penyedia VPN adalah Akses Internet Pribadi, yang biaya $ 6,95 per bulan dan memungkinkan untuk bandwidth tak terbatas dan beberapa titik keluar, yang akan memungkinkan Anda memilih negara mana lalu lintas jaringan Anda disalurkan.

3. Hindari Secara Otomatis Terhubung ke Hotspot Wi-Fi
Ponsel cerdas atau tablet Anda dapat diatur untuk secara otomatis terhubung ke hotspot Wi-Fi apa pun yang tersedia, pengaturan yang dapat membahayakan privasi Anda secara serius. Ini tidak hanya akan memungkinkan perangkat Anda untuk terhubung ke jaringan publik tanpa izin tertulis Anda, Anda juga dapat secara otomatis menghubungkan ke jaringan berbahaya yang khusus dibuat untuk mencuri informasi Anda.

Kebanyakan ponsel cerdas modern memiliki opsi ini dinonaktifkan secara default, tetapi ini tidak selalu demikian, dan ini adalah setelan yang harus selalu Anda periksa kembali. Pertama, buka bagian Wi-Fi dari aplikasi pengaturan ponsel Anda. Jika Anda tidak melihat opsi untuk menonaktifkan koneksi otomatis, Anda sudah aman. Jika tidak, matikan pengaturan ini.

4. Gunakan HTTPS
Situs web biasa mentransfer konten dalam teks biasa, menjadikannya sasaran empuk bagi siapa saja yang telah meretas ke koneksi jaringan Anda. Banyak situs web menggunakan HTTPS untuk mengenkripsi data transfer, tetapi Anda tidak boleh bergantung pada situs web atau layanan Web untuk menjaga Anda terlindungi.

Anda dapat membuat koneksi terenkripsi ini dengan ekstensi peramban HTTPS Everywhere. Dengan plugin ini diaktifkan, hampir semua koneksi situs web dijamin dengan HTTPS, memastikan bahwa transfer data aman dari mata-mata.

5. Gunakan Otentikasi Dua Faktor
Otentikasi dua faktor berarti Anda memerlukan dua bagian informasi untuk masuk ke akun: Satu adalah sesuatu yang Anda ketahui dan yang lainnya adalah sesuatu yang Anda miliki. Paling sering ini mengambil bentuk kata sandi dan kode yang dikirim ke ponsel Anda.

Banyak situs web dan layanan populer mendukung otentikasi dua faktor. Ini berarti bahwa bahkan jika seseorang bisa mendapatkan kata sandi Anda karena lubang di jaringan Wi-Fi publik, mereka tidak akan dapat masuk ke akun Anda.

Untuk mengaktifkan fitur ini untuk Gmail, masuk ke akun Anda dan buka halaman pengaturan. Navigasikan ke tab Akun dan Impor dan klik Pengaturan Akun Google Lainnya. Bagian kedua adalah verifikasi dua langkah, dan Anda dapat mengklik Pengaturan untuk memulai.

Pertama, masukkan nomor telepon Anda dan pilih apakah Anda ingin pesan teks atau panggilan telepon. Selanjutnya, Google akan mengirim kode enam digit ke ponsel Anda. Masukkan ini ketika diminta. Sekarang, setiap kali Anda masuk ke Google dari komputer baru, Anda akan diminta untuk memverifikasi identitas Anda dengan memasukkan kedua lembar info.

Proses login sekarang akan membutuhkan beberapa detik tambahan ketika Anda menggunakan perangkat yang berbeda, tetapi Anda dapat beristirahat dengan tenang mengetahui bahwa akun Anda aman dan aman.

6. Konfirmasikan Nama Jaringan
Terkadang peretas akan membuat jaringan Wi-Fi palsu untuk menarik pengguna Wi-Fi umum tanpa disadari. Jaringan Wi-Fi publik Starbucks mungkin tidak dinamai “Gratis Starbucks Wi-Fi.” Menghubungkan ke jaringan palsu dapat menempatkan perangkat Anda ke tangan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *